Langsung ke konten utama

Consumer Insight

Hallo,

Welcome to my blog, 

Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas Kewirausahaan 02.

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang Consumer Insight 




1. Pengertian : 

Consumer Insight merupakan sebuah proses mencari tahu secara lebih mendalam dan holistic, tentang latar belakang perbuatan, pemikiran dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi iklannya. Consumer Insight digunakan untuk menguji hasil kreativitas pengembang produk dan/atau layanan, tanpa upaya untuk menyesuaikan hasil karya dimaksud agar lebih mendekati kebutuhan konsumen. Dalam hal ini, Consumer Insight hanya digunakan untuk menyusun strategi pemasaran dan komunikasi iklan atas produk dan/atau layanan yang telah dikembangkan.

Manfaat Consumer Insight bagi perusahaan:

1. Menyesuaikan strategi pemasaran

2.  Menganalisa pesaing

3. Menekan biaya akuisisi per pelanggan

4.  Meningkatkan jumlah pelanggan

5. Meningkatkan transaksi per pelanggan

6. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan


2. Bagaimana cara mendapatkan consumer insight ?

Cara paling tepat untuk mengetahui customer insight adalah dengan berada sedekat mungkin dnegan konsumen, meminta masukan (wawancara) dan mengamati apa yang dilakukan konsumen. Karena itu perusahaan harus secara kontinyu memeriksa dan mendengarkan apa yang diinginkan konsumen agar dapat menjaga tingkat kepuasan konsumen.

3.   Pilihlah 1 produk (bebas produk apa saja) dan berikan informasi consumer insight terkait produk tersebut. Berikan tanda apakah masuk insight positif atau negative. Berikan tanggapan anda terkait hasil consumer insight tersebut?

               Produk AQUA 


Bagaimana Aqua Menggali Consumers Insight via Media Sosial

Bagi pemasar nilai media sosial terletak pada kemampuannya untuk mengumpulkan komunitas kepentingan, mengidentifikasi segmen demografi tertentu dan dengan demikian memungkinkan pemasar untuk melibatkan segmen dan audiense secara tepat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan manfaat penjualan melalui interaksi komunitas tersebut dengan merek, dengan produk atau layanan, dan menyaring informasi yang bisa menciptakan preferensi dan akhirnya membeli.

Aqua mulai aktif di ranah media sosial sejak 2009 melalui dua akun media sosial paling populer di Indonesia, Facebook dan Twitter. Menurut  Brand Manager Aqua Joshua Gunawan, sosial media sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi atau berinteraksi langsung dengan konsumennya. “Sebagai brand yang sudah cukup besar, Aqua mempunyai kebutuhan untuk menggunakan media sosial. Ini penting untuk membangun kedekatan dan engagement dengan konsumen  serta  untuk membangun komunikasi dua arah, Jika pada program kampanye sebelumnya melalui channel konvensional dan brand activation Aqua hanya memasang objektif untuk brand exposure, sekarang setelah memperluas jangkauan kampanye menggunakan media sosial, Aqua mematok target menciptakan percakapan. “Istilahnya connect the dot, yakni apapun yang dilakukan di channel lain diintegrasikan ke social media. Agar para brand ambassador ini bisa berkomunikasi dua arah dan menyampaikan endorsement-nya tentang hidup sehat kepada khalayak sasaran, Aqua menggunakan media sosial Twitter.

Produk Aqua masuk insight positif karena Aqua mulai aktif di ranah media sosial sejak 2009 melalui dua akun media sosial paling populer di Indonesia, Facebook dan Twitter. Menurut  Brand Manager Aqua Joshua Gunawan, sosial media sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi atau berinteraksi langsung dengan konsumennya. “Sebagai brand yang sudah cukup besar, Aqua mempunyai kebutuhan untuk menggunakan media sosial. Ini penting untuk membangun kedekatan dan engagement dengan konsumen  serta  untuk membangun komunikasi dua arah, Jika pada program kampanye sebelumnya melalui channel konvensional dan brand activation Aqua hanya memasang objektif untuk brand exposure,

 Tanggapan saya terhadap insight produk aqua sangat aktif media sosial sejak tahun 2009 melalui dua akun media sosial paling populer yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Sosial media sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi atau berinteraksi langsung dengan konsumennya sehingga mengetahu perilaku konsumen terhadap produk aqua.

https://dosen.esaunggul.ac.id/cicilia-bangun 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KEHUMASAN DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

       Revolusi industri ramai dibicarakan beberapa tahun belakangan ini. Saat ini dunia dikatakan sedang memasuki era keempat dalam revolusi. Sebelum era keempat atau yang sering disebut sebagai revolusi industri 4.0, setiap era dalam revolusi industri memiliki karakteristiknya masing-masing. Pada era revolusi  pertama atau yang dikenal dengan industri 1.0, karakteristiknya adalah tumbuhnya industri yang menggunakan alat mekanis yang menggunakan tenaga air dan uap. Industri 2.0 ditandai dengan produksi massal, perakitan produk dan munculnya pemanfaatan tenaga listrik. Selanjutnya industri 3.0 membawa karakteristik penggunaan komputer dan mesin-mesin yang  berjalan otomatis. Kemudian industri terus berevolusi hingga muncul istilah revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan sistem cyber-physical (Fuchs, 2018), yaitu terjadinya kolaborasi antara kegiatan fisik di dunia nyata dengan kegiatan siber di dunia internet.       Penggunaan interne...

Pentingnya Media Baru di Lingkungan Perhumasan

Digital Public Relations/ Cyber public relations (Cyber PR)/Online PR adalah suatu aktivitas atau kegiatan kehumasan yang dilakukan melalui media elektronik internet, yang bertujuan untuk membangun merk (brand) dan senantiasa memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan atau organisasi kepada khalayak dan tentunya dapat dilakukan secara one to one communication yang bersifat interaktif.  Program Magister (S-2) Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan seminar nasional bertajuk “Pendekatan  New Media  dalam Strategi  Public Relations ”, Pembicara kunci adalah Gati Gayatri yang merupakan Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Bidang Komunikasi, Kemeterian Komunikasi dan Informasi. Tiga lainnya adalah Andre Rahmanto (Kepala Humas UNS dan Ketua BPC Perhumas Surakarta), Hafied Cangara (Pakar Ilmu Komunikasi dari Universitas Hasanuddin Makassar), dan Retno Wulandari ( General Manager  Sunan Hotel Solo ...